Si Unik dari Negeri Paman Sam

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat post tentang tugas kuliah saya. Mudah-mudahan isinya dapat dimengerti, hehe.

1. Jelaskan sebuah organisasi (profit maupun non-profit) yang menurut Anda telah menerapkan strategi pemasaran yang unik dan baik!

a. McDonald’s, menurut saya adalah sebuah perusahaan yang sangat kreatif dalam hal pemasaran. Perusahaan ini bergerak di bidang kuliner, lebih tepatnya fast food. Berbagai macam produknya diantaranya adalah ayam goreng, beef burger, kentang goreng, bahkan salad. McDonald’s juga menyediakan berbagai macam minuman ringan seperti cola, milkshake dan lain-lain. Tak cuma makanan dan minuman, McDonalds juga menyediakan berbagai dessert seperti ice cream dengan berbagai macam rasa.

b. Menurut saya segmentasi pasar dari perusahaan ini adalah gaya hidup. Dan targetnya adalah para pegawai kantoran yang nine-to-five. Mereka berangkat kerja pada pagi hari dan baru pulang pada sore hari.

Tentunya mereka tidak punya waktu untuk menyiapkan sarapan mereka sendiri. Dengan begitu mereka akan pergi ke restoran fast food seperti McDonald’s untuk membeli paket sarapan. Pada siang hari pun mereka tidak sempat untuk pulang ke rumah untuk menyiapkan makanan. Disinilah McDonald’s memberikan solusi dengan menjual makanan cepat saji.

c. Strategi pemasaran mereka sangat menarik. McDonald’s membuat iklan yang sangat menarik pelanggannya. Karena target mereka adalah masyarakat yang produktif, mereka memperbanyak pemasangan iklan kreatif di jalan. Sehingga orang yang mau berangkat kerja akan mudah melihat iklan mereka dan akan tertarik untuk mengunjungi restoran mereka. Berikut saya sertakan beberapa contoh iklan-iklan kreatif McDonald’s.

d. Sejauh ini menurut saya strategi pemasaran dari McDonald’s sudah sangat bagus dan sangat menarik minat pelanggan.

2. a. Jika saya berkesempatan terjun di dunia usaha, saya ingin terjun ke bidang teknologi. Karena menurut saya perkembangan teknologi yang sangat pesat ini akan membuka peluang bisnis yang sangat besar.

b. Produk yang ingin saya hasilkan dalam bidang usaha saya adalah aplikasi-aplikasi seperti games ataupun software-software yang dapat di pakai di dalam bisnis.

c. Alasan saya memilih bidang ini, kembali lagi ke perkembangan teknologi yang sangat pesat dan menjanjikan. Selain itu, saya memang suka berkecimpung di bidang teknologi. Dan karena basic pendidikan saya sekarang ini adalah di bidang  Manajemen Bisnis, tentu saja saya berminat untuk membuka usaha yang berkaitan dengan bisnis.

d. Segmentasi yang saya pilih adalah pekerjaan. Sedangkan target saya adalah para pebisnis dan para pelajar yang sedang belajar tentang bisnis. Adapun untuk produk games, segmentasi saya adalah “minat” dan target saya adalah para penggemar games yang berusia dibawah 17 tahun.

e. Menurut saya, karena organisasi nomor 1 sangat berbeda dengan bidang usaha saya, jadi tidak bisa menerapkan strategi pemasaran yang sama.

Sekian analisis tugas pertama saya, semoga hasilnya memuaskan.. Aamiin.

Sumber Gambar:

http://www.designswan.com/archives/20-creative-and-smart-mcdonalds-advertisement-designs-over-world.html

http://www.inewidea.com/2010/01/11/17764.html

http://thedesigninspiration.com/articles/40-clever-advertising-campaigns-of-mcdonalds/

Leave a Reply

