Pancing Kreativitas dengan Kreativitas

 

Berpikir kreatif?

Susah nggak sih?

Harusnya sih nggak, asal kita terbiasa.

Setiap hari yang kita jalani nggak akan terlepas dari hal-hal kreatif. Hanya saja mungkin kita nggak sadar kalo kita udah berbuat kreatif. Karena menurutku, sesuatu yang kreatif itu nggak harus “wah” banget. Tapi sesuatu yang bisa membuat kita nggak stuck saat terbentur dalam suatu masalah.

Kadang ada banyak hal yang dapat menghambat kreativitas kita. Dari mulai rasa malas, rasa takut gagal, termasuk mood. Sering kali “mood” berperan besar dalam penghambatan kreativitas kita.

Aku juga sering banget gak mood ngapa-ngapain dan ujung-ujungnya bakal mager alias males gerak seharian. Dan menjadi manusia yang nggak produktif di umur segini tuh rasanya salah banget.

Trus, gimana cara mengatasinya?

Kalo aku sih punya cara sendiri untuk membasmi “bad mood” dan mengubahnya jadi “good mood“. Berhubung aku suka banget sama hal-hal yang berbau seni, apalagi seni musik dan seni rupa. Jadi, yang bisa jadi moodboosterku ya biasanya dua hal itu.

Sebenarnya aku menggunakan “kreativitas” untuk memancing kreativitas lainnya. Awalnya aku bakal nyalain musik. Aku biasanya dengerin musik-musik yang nggak terlalu keras, tapi juga bukan yang bikin tidur. Sering juga dengerin musik-musik instrumen gitarnya Depapepe.

Nah kalo udah ada musik, tinggal sedikit lagi deh. Biasanya aku menyalurkan ide-ide aku lewat gambar. Kadang gambar yang aku buat adalah imajinasi yang aku tangkap dari musik yang aku dengerin. Aku bakal meluangkan waktu sekitar 30 menit untuk menggambar sambil dengerin musik. Dan setelah itu, voila! Good mood akan datang menghampiri.

Setelah itu ide-ide kreatif akan bermunculan, dan aku bakal jadi lebih produktif! Yeay!

Ini di beberapa ide yang sudah sempat aku tuangkan ke dalam gambar:

 

 

Yah, segitu saja dulu karya-karya pemancing kreativitasku. Semua yang di atas itu bisa jadi penangkal hal-hal yang menghambat kreativitas. Semoga besok-besok bisa lebih kreatif bikin postingannya, aamiin 🙂

 

 

 

Leave a Reply

