Lampu Sensor “Merem Melek”

Zaman sekarang hampir semua barang elektronik yang kita gunakan pasti ada embel-embel “hemat energi”-nya kan? Iya, emang udah waktunya buat kita sebisa mungkin menghemat energi. Apalagi buat kita-kita yang anak kosan gini. Menghemat listrik adalah suatu keharusan, supaya tagihan listrik kita gak membengkak.

Salah satu cara untuk menghemat listrik adalah mematikan lampu bila tidak diperlukan.

Tapi buat kalian yang gak bisa tidur kalo gelap, gimana?

Ya mungkin kalo kita udah tidur, baru lampunya dimatiin sih gak masalah ya. Tapi, siapa yang mau matiin lampu kamar kita saat kita udah tidur?

Nah, aku berandai-andai ada sebuah produk berupa lampu yang bisa mendeteksi keadaan orang yang ada di suatu ruangan. Jadi lampu itu dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi kalo orang itu udah tidur atau belum. Lalu kalo ternyata orang itu udah tidur, lampu itu akan mati secara otomatis.

Gimana, keren kan?

Kalo lampu yang bisa nyala/mati dengan sensor cahaya aja ada, kenapa lampu yang bisa nyala/mati dengan sensor yang mendeteksi “kesadaran” seseorang ga ada? Harus ada dong!

Akan ada banyak benefit kalo produk ini benar-benar terwujud. Karena selain menghemat listrik, sebenarnya mematikan lampu juga dapat mengurangi risiko kanker loh!

Karena ada suatu peneitian yang mengatakan kalo kita tidur dalam keadaan terpapar cahaya maka tubuh kita akan menghentikan produksi hormon melatonin. Sedangkan hormon melatonin itu bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Waaah, ternyata 1 produk bisa punya lebih dari 1 manfaat ya. Selain sehat kantong karena tagihan listrik gak bengkak, badan kita juga ikutan sehat.

Oke, segitu dulu ide yang mencuat dari kepala aku hari ini. Ini semua terinspirasi dari pengalaman aku sendiri yang gak bisa banget tidur dalam keadaan gelap, tapi harus berjuang menghemat listrik di kosan :’)

Semoga bisa bermanfaat dan suatu saat terwujud! 😀

 

Referensi:

http://opick-taopik.blogspot.com/2012/05/lebih-baik-tidur-dalam-keadaan-gelap-di.html

Gambar:

http://static.idesignnetwork.com/images/size/616x/ipadwalls/media/001980_full.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s