Belum Makan Namanya, Kalo Belum Makan Nasi? BASI!!

Halo semuanya!
Ada hal yang mau aku share nih ke kalian. Ini berdasarkan pengalamanku sih.
Jadi gini… Belakangan ini Dakol sering mati listrik, right?

Apalagi yang namanya anak kosan pasti kesel banget kalo lagi enak-enak ngerjain tugas, tiba-tiba mati listrik. Kadang suka kesel kalo lagi masak nasi dan tiba-tiba listriknya mati. Terutama buat yang masak nasinya pake rice cooker. Yang tadinya mau makan malah ga jadi kan… Sebenernya gampang aja sih, kita bisa aja langsung ambil handphone trus pesen nasi dan makanan delivery.

Tapi, pernah ga sih kalian berpikir… Bahwa kita selama ini bergantung banget sama nasi?

Akhir-akhir ini aku yang juga berniat diet rasanya pengen berhenti makan nasi. Trus, asupan karbohidratnya dari mana dong?

Nah! Gimana kalo kita ganti aja karbohidratnya dengan kentang? Selain sama-sama sumber asupan karbohidrat, kadar kalori yang dikandung sama kentang juga lebih rendah dari nasi. Jadi lebih bagus buat orang yang lagi diet.

Selama 2 minggu ini aku udah mulai menjalankan “hidup tanpa nasi”. Awalnya sih susah, tapi lama-kelamaan juga terbiasa kok.
Tapi mungkin bingung kan kalo mau makan kentang, kentangnya diapain?

Karena kalo kentangnya di goreng jatuhnya malah ga sehat juga, jadinya aku masak dengan cara lain yang cukup sederhana: direbus.
Iya, kentangnya direbus. Selain lebih sehat, praktis, dan kalopun mati listrik tetep bisa masak kan?

Aku juga punya tips nih supaya kalo makan kentang rasanya ga hambar.

1.Pertama, kita rebus kentangnya dengan air yang dicampur garam. Pokoknya itu kentang kita rebus sampe kira-kira matangnya layak makan deh. Karena sesungguhnya tingkat kecepatan matangnya kentang itu beda-beda.

2. Setelah matang, kita dinginkan dulu kentangnya, dengan cara direndam dalam air dingin. Trus kita kupas deh.

3. Setelah kentangnya dikupas bersih, kita bisa lunakkan kentangnya dengan menggunakan ulekan dan cobek.

3. Biar rasanya lebih mantap, sambil diulek ditambahin sedikit garam sama merica. Boleh juga ditambahin bawang putih halus kalo suka (aku sih nggak suka).

Jadi deh! Kentangnya bisa dimakan dengan lauk apa aja kok, sama aja kayak makan nasi.

Diposting di ruang DPM, dengan ide yang didapat saat sedang mati listrik di kosan. Anyway, Dakol lagi hujan loh sekarang (terus?)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s