What do you want to be?

Heeeey-ho!
Beberapa hari ini aku dihadapkan dengan sebuah pertanyaan. Pertanyaan yang sangat sederhana. Namun butuh 17 tahun bagiku untuk mencari jawabannya. Yang pada kenyataannya, hingga kini umurku 18 tahunpun aku tak kunjung temukan jawabannya.

Mau jadi

apa?

Sederhana, bukan? Hanya 3 kata. Namun berhasil membuatku tak berkutik dan mengunci bibir selama 3 hari apabila diminta jawabannya.

Jujur saja, aku iri pada mereka yang sudah bisa menjawab pertanyaan itu dengan tegas. Akupun iri pada mereka yang sudah tahu, apa yang ingin mereka lakukan kelak. Aku?

Tak ada jawaban.

Aku punya beberapa teman yang memiliki passion menggebu-gebu di bidang teknologi. Diantaranya ada Bang Nando dan Rio. Mereka tahu apa yang mereka mau, dan mereka tahu bagaimana untuk mencapai keinginan mereka. Salah satunya–atau bahkan keduanya– memang sudah memiliki bakat di bidang tersebut. Mereka tinggal melanjutkan.

Aku? Dimana passionku? Apa bakatku? Apa nilai lebih yang kupunya dibanding orang lain?

Masih nihil jawabannya.

Tapi bukan berarti aku berhenti. Aku sadar betul tak selamanya aku bisa terus begini. Aku teringat sebuah kalimat “Passion keeps you alive“. Kalimat ini memang benar adanya. Apa yang menjadi passionmu, kejarlah! Karena kelak itu yang akan membuatmu terus hidup, bahkan setelah kau mati. Mengerti?

Mungkin sekarang aku akan menjalani hari-hari dengan sebuah pertanyaan dalam genggaman jemariku. Kemana kakiku melangkah, aku akan cari serpihan jawaban dari pertanyaan itu. Dan satu hal yang pasti adalah, aku akan tetap melakukan yang terbaik yang kubisa di hari ini, untuk tetap menemukan diriku di esok hari.

–Dalam rajutan kata ini, kuselipkan doaku padaMu ya Allah.. Semoga apapun jawaban yang nanti kutemui, itu adalah suatu hal yang Engkau ridhoi dan senantiasa membawa kebaikan bagiku dan orang-orang disekitarku. Aamiin.

Leave a Reply

