A Little Change, Not Little Impact

Hello Wednesday, thanks a lot for the weather. It’s chillin outside and I’m still under my blanket, while in 13:30 I will have my exam. Very nice.

Saya baru menyadari ada perubahan dalam diri saya. Dan saya rasa perubahan itu baik. Jadi begini….

Dulu, saya adalah orang yang sangat berantakan. Kamar saya benar-benar berantakan. Buku, kertas, alat tulis semuanya berserakan di kamar saya. Bantal, selimut pun tak tertata rapi.

Teman-teman pun yang pada awalnya merasa risih dengan keadaan kamar saya yang seperti itu, akhirnya angkat tangan. Mereka menyerah, dan terbiasa dengan berantakannya kamar saya itu.

Nggak cuma kamar. Bahkan jadwal tidur pun tak karuan. Tidur jam 2 pagi, bangun jam 7 untuk kuliah. Begitu seterusnya. Benar-benar pola hidup yang nggak sehat.

Tapi sejak libur minggu tenang kemarin, hidup saya jadi jauh lebih teratur. Saya jadi tidur jam 9 malam dan tentunya bangun lebih pagi. Pola makan lebih teratur, dengan menu makan yang sederhana tapi cukup.

Tak cuma itu, bahkan beberapa teman yang biasanya main ke kamar saya pun bingung bertanya-tanya. “mentang-mentang aku mau dateng, kamarnya diberesin ya?” atau ada juga yang bilang “ih kok tumben kamarnya rapi?”. Bahkan yang paling menohok datang dari sahabat saya, Rere.

Begini katanya:
Rere: Ay, di deket sini tempat beli piala dimana ya?
Saya: hah?
Rere: tempat beli piala dimana? yang deket sini..
Saya: piala?
Rere: iya
Saya: pialaaa?
Rere: iya piala.
Saya: buat apaan?
Rere: buat kasih kamu. Abisan tumben kamarnya rapi.

Waduh, ini nyakitin hati ini. Tapi kocak juga hahaha. Saya jadi sadar, ternyata dengan hidup yang teratur begini lebih enak.

Efeknya juga lumayan loh. Saat kita lelah dan kita masuk kamar dengan keadaan rapi, itu membantu mengurangi tingkat stress juga. Selain itu, akan lebih mudah bagi kita mengerjakan sesuatu atau memecahkan suatu masalah bila kita berada di tempat yang membuat kita merasa nyaman.

Cocok dengan yang saya pelajari tentang ilmu ergonomi. Menurut ilmu ergonomi, secara teknis seseorang akan bekerja lebih maksimal (efisien dan efektif) apabila bekerja dalam kondisi yang nyaman.

Well, itu yang saya dapat dari perubahan kecil yang saya lakukan di hidup saya. Dampaknya nggak kecil ternyata. Semoga untuk selanjutnya saya bisa lakukan lebih banyak perubahan yang membawa diri saya dan orang di sekitar saya menjadi lebih baik. Aamiin.

Leave a Reply

