Psychological Allergic?

“A new study here shows that even slight stress and anxiety can substantially worsen a person’s allergic reaction to some routine allergens.”

Source: http://www.news-medical.net/news/2008/08/14

Beberapa hari yang lalu aku merasakan perbedaan di kepalaku. Rasanya gatal sekali, awalnya kukira karena kulit kepalaku kotor. Namun setelah aku keramas, rasa gatal itu tidak lantas hilang.

Parahnya lagi, di hari berikutnya yang gatal tak hanya kepalaku. Tapi juga bagian sekitar leher dan tanganku.

Tak tahan, akhirnya aku memutuskan untuk pergi ke klinik. Petugas kesehatan pun mengatakan aku terkena alergi. Kemudian aku diberi obat alergi, katanya jika 3 hari obatnya habis dan alergiku tak kunjung hilang aku boleh kembali ke klinik.

Tiga hari kemudian, yaitu hari ini ternyata rasa gatal itu belum juga musnah. Walau rasa gatal ini memang tidak separah pada awalnya, aku tetap merasa risih.

Akhirnya aku memutuskan untuk ke klinik lagi. Aku menceritakan gejala-gejala yang aku rasakan kepada dokter.

Lalu aku bertanya pada dokter apakah reaksi alergi yang muncul ini ada hubungannya dengan psikologi seseorang. Karena seingatku, aku tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang biasanya menyebabkan alergi.

Ternyata dokterku bilang, justru kaitan antara psikologi seseorang dengan alergi sangat erat. Hmm pantas saja, kurasa alergiku ini memang disebabkan oleh kondisi psikisku yang sedang tidak stabil.

Iya, kuakui aku memang sedang stress. Stress kenapa? Banyak. Banyak hal.

Entahlah mungkin pikiran ataupun mulutku tak mengucap kata. Namun kini badanku yang ‘mengeluh’.

Leave a Reply

