Before You Letting Go

Belakangan ini banyak banget yang ngomongin soal “gagal move on”. Dari mulai temen-temen gue, sampai gue sendiri.

Sebenernya apa susahnya move on sih sampe banyak yang gagal? Apa lebih susah dari soal ujian SNMPTN? Banyakan mana yang gagal move on sama yang gagal masuk PTN?

Bahkan ada yang bilang “move on sih gampang, let go-nya yang susah”.

Gue pun sempet ngalamin yang namanya gagal move on.

Beberapa waktu yang lalu gue dan salah seorang temen gue menghabiskan semalaman suntuk untuk berbincang mengenai hal ini. Gegara kita mengalami hal yang sama. Akhirnya beberapa hal yang gue bisa simpulkan kira-kira kayak gini:

Kalo dipikir-pikir, sebenernya move on itu (harusnya) nggak susah-susah amat. Yang bikin susah itu adalah kalo kita putusnya karena sesuatu yang “belum selesai”.

Banyak banget penyebab kita gagal move on. Misal kitanya sebenernya ga ada masalah, tapi ya putus aja gitu. Jadi kayak masih ngegantung gitu kan?

Bisa juga pas putus, sebenernya masih saling sayang tapi ya ga bisa ngelanjutin hubungan lagi. Atau karena terlalu banyak kenangan? Karena tiap hari ketemu?

Atau kalo putusnya itu karena kesalahan kita sendiri. Nah yang bikin ga bisa move on-nya itu sebenernya karena kita belum maafin diri kita sendiri. Kita tau itu karena kesalahan kita, dan kita nyesel banget udah ngelakuin itu. Tapi ya untuk memperbaiki itu semua, udah terlambat. Udah nggak bisa.

Alhasil, perasaan kita bakalan “penasaran” terus. Walaupun kita udah minta maaf ke pasangan kita dulu, dan sia juga udah maafin kita. Tapi kalo diri sendiri belum maafin, yah… Susah deh.

Jadi, ya.. You have to forgive yourself first, before letting go. Before you move on.

And don’t forget to learn from your mistake.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s