#100DPS Day 16: Resolusi, Evolusi

Tahun baru identik dengan resolusi baru, yang pada akhirnya nggak sampai 3 bulan juga sudah kandas. Semua orang tahu itu, tapi ya setiap tahun kita akan tetap membuat resolusi-resolusi baru.

Tadi pagi saya terbangun di sekre UKM saya. Saya melihat teman-teman saya yang masih tidur bergelimpangan. Saya beranjak dan membuat segelas teh manis panas, lalu meraih sekotak kue bolu Mandarijn oleh-oleh dari teman saya.

Tahun 2014 ini diawali dengan pagi yang dingin, atau bisa disebut sejuk. Saya menikmati teh panas saya sembari mengunyah bolu. Saya tawarkan ke teman saya yang sudah bangun beberapa potong kue dan teh manis.

Tak lama kemudian kami kembali memejamkan mata sejenak. Saat kami terbangun lagi, kami langsung membereskan piring kotor sisa acara tadi malam.

Sambil duduk membantu teman-teman saya bebersih, di kepala saya terbersit “apa ya resolusi saya tahun ini?”.

Dipikir-pikir, tahun ini saya belum membuat resolusi. Saya terus memikirkan, apa yang ingin saya raih tahun ini? Pencapaian apa yang menjadi target saya?

Lama saya berpikir dan tak menemukan jawabannya. Akhirnya saya menyerah dan malah ngobrol dengan teman-teman saya yang lain.

Beberapa jam kemudian saya pulang ke kosan. Saya berbaring di kasur sembari ngobrol dengan teman saya di Jakarta via Line. Seperti biasa, perbincangan kami selalu “nano-nano loncat”. Topiknya berbeda-beda dan kerap berganti dengan cepat.

Namun tanpa sengaja disela perbincangan kami, saya terpikir tentang resolusi saya tahun ini. Resolusi ini bisa dibilang sederhana, tapi bisa juga muluk sekali.

In 2014, I should:
1. Talk less
2. Do more
3. Listen more
4. Learn more
5. Thank more
6. Give more
7. Complain less

Semuanya bukanlah target yang bisa secara kasat dilihat. Tapi, ini lah yang tak pernah saya lakukan di tahun 2013.

Intinya, resolusi saya adalah evolusi. Evolusi menuju pribadi yang lebih baik.

Semoga di tahun 2014 ini resolusi sederhana tapi berat itu bisa tercapai. Aamiin.

Leave a Reply

