#100DPS Day 17: Ternyata Surat-Surat Dalam Al-Qur’an Punya Lebih Dari 1 Nama

Malam itu saya terduduk di atas sajadah.

Sehabis sholat isya saya meraih handphone saya dan membuka aplikasi Al-Qur’an digital.

“Sampai ayat berapa ya kemarin?” pikir saya dalam hati. Setelah membuka bookmark di Al-Qur’an saya, terbukalah surat Ghafir ayat 40. Kemudian saya terdiam. Ada yang janggal disini.

“Perasaan kemarin bukan surat Ghafir deh”. Karena saya kebingungan, akhirnya saya memutuskan untuk meraih Al-Qur’an saya di atas rak buku. Kemudian saya menarik pita kuning yang menandai bacaan terakhir saya. Ternyata yang terbuka bukan surat Ghafir, melainkan surat Al-Mu’min. Lho?

Untuk meyakinkan diri, saya melihat daftar isi di kedua Al-Qur’an saya, baik yang digital maupun yang buku. Ternyata urutan suratnya beda! Di Al-Qur’an digital saya, setelah surat Az-Zumar ada surat Ghafir lalu surat Fussilat. Sedangkan di Al-Qur’an buku saya, setelah surat Az-Zumar ada surat Al-Mu’min lalu surat Fussilat.

Karena saya kebingungan, akhirnya saya memutuskan untuk membaca Al-Qur’an yang buku saya. Namun setelah itu saya mencari tahu. Apa maksud perbedaan ini? Salah tulis atau memang saya yang tak tahu? Yang benar yang mana?

Setelah saya mencari-cari di Internet, ternyata surat-surat dalam Al-Qur’an memang ada yang memiliki lebih dari satu nama.

Mengutip dari : http://halaqah.net/v10/index.php?topic=3779.0

Ada yang bertanya mengenai surat Al-Mu’min dan surat Ghafir, sama seperti saya. Kemudian jawabannya seperti ini:

Sedangkan nama surat yang ada tanyakan itu, bahkan bukan hanya punya dua nama, bahkan punya 3 nama. Bukan hanya bernama surat Al-Mu’min, tetapi juga surat Ghafir, bahkan juga dinamakan dengan surat Ath-Thaul.

Ketiganya adalah nama resmi dan memang ada kaitannya dengan surat tersebut.

1. Surat Al-Mukmin

Nama surat Al-Mukmin didapat dari sebuah hadits nabi SAW yang menyebutnya sebagai surat Hamim Al-Mukmin, sebagai cara untuk membedakannya dengan surat lain yang juga dinamakan atau berawalan Hamim, misalnya Hamim As-Sajdah. Dan disebut dengan surat Al-Mukmin (laki-laki yang beriman) karena mengacu kepada kisah seorang mukmin yang terdapat di dalam ayat 28 dari surat ini.

2. Surat Ghafir

Sedangkan nama Ghafir digunakan karena di awal surat terdapat ayat ketiga yang berisi lafadz Ghafir. Dan Ghafir adalah salah satu sifat Allah SWT, yaitu Mengampuni.

3. Surat Ath-Thaul

Sedangkan nama lainnya adalah Ath-Thaul. Dan surat ini dinamakan Ath-Thaul lantaran juga ada kata tersebut pada ayat ketiga, yaitu pada lafadz dziththaul, yang terdapat di akhir ayat. Ath-Thaul berarti yang mempunyai karunia yang tidak putus.

Nah, jadi begitulah penjelasannya mengenai nama surat yang berbeda. Ternyata bukan Al-Qur’an-nya yang salah, tapi ilmu saya yang masih kurang hehehe. Setelah saya cari-cari lagi, ada juga surat-surat lain yang memiliki lebih dari satu nama. Ini dia:

1. Surat Al-Fatihah, dinamakan pula dengan: Ummul Kitâb, As-Sab’ul Matsani, Al-Hamdu, Al-Waqiyah, Asy-Syafi’iyyah.
2. Surat An-Naml, dinamakan juga dengan Surat Sulaiman.
3. Surat As-Sajdah, dinamakan juga dengan Al-Madhaji’.
4. Surat Al-Fathir, dinamakan juga dengan Al-Malâ’ikah.
5. Surat Az-Zumar, dinamakan juga dengan Al-Ghuraf.
6. Surat Al-Ghafir, dinamakan juga dengan Al-Mu’mîn.
7. Surat Al-Jatsiyah, dinamakan juga dengan Ad-Dahr.
8. Surat Muhammad, dinamakan juga dengan Al-Qital.
9. Surat Ash-Shaff, dinamakan juga dengan Al-Hawariyyun.
10. Surat At-Tabarak, dinamakan juga dengan Al-Mulk.
11. Surat An-Naba’, dinamakan juga dengan Surat ’Amma, At-Tasa’ul, dan Al-Mu’shirât.
12. Surat Al-Bayyinah, dinamakan juga dengan Surat Ahlu Kitâb, Lam Yakun, dan Al-Qiyyamah.

(Sumber: http://quranhadists.blogspot.com/)

Alhamdulillah dari sebuah kebingungan saya mendapat pengetahuan baru 🙂

10 thoughts on “#100DPS Day 17: Ternyata Surat-Surat Dalam Al-Qur’an Punya Lebih Dari 1 Nama

  1. Kejadian hampir sama, awalnya saya baca surat al mukmin di alquran konvensional dan kemudian saya ingin mendengar bacaannya di alquran digital eh ternyata nama suratnya berbeda, awalnya saya jg terkejut apa ada yg salah dengan salah satu alqurannya, terus saya mencari tau di internet sampe masuk ke blog ini dan ternyata surat di dalam alquran itu ada yg memiliki lebih dari satu nama 🙂
    Terima kasih infonya 🙂

Leave a Reply

