#100DPS Day 64: Jangan Lupa Bahagia

Senin pagi ini saya terbangun dengan rasa dingin. Entah, semenjak kemarin sore kota Bandung terasa dingin sekali. Apa musim panas sudah mau pamit?

Karena kedinginan, hingga blog ini di tulis pun saya masih terkapar di atas kasur sembari bergumul dengan selimut.

Seperti biasa kalau ada waktu senggang saya buka akun instagram, eh pagi ini beberapa klik mengantarkan saya ke akun instagram walikota Bandung Pak Ridwan Kamil atau yang akrab disapa “Kang Emil”.

Scroll ke bawah dan saya menemukan berbagai foto dengan caption yang lucu-lucu. Tapi ada satu yang menarik bagi saya.

Foto ini:  


Sekilas tampak biasa saja ya?

Tapi tidak buat saya. Coba baca captionnya: “Tuhan menitipkan kepada kami sepasang anak kandung untuk kami didik menjadi anak2 yang cerdas, sholeh dan bahagia. Amin.”

Saya melihat suatu perbedaan disini.  Kang Emil mencantumkan kata “bahagia” disitu.

Dikala para orang tua berfokus untuk membuat anaknya sukses, jadi orang kaya, pintar atau hal-hal lain. Satu hal yang krusial kadang dikesampingkan: bahagia.

“Yaelah, siapa sih yang ga pengen anaknya bahagia?”

Iya, saya tau semua orang tua pasti ingin anaknya bahagia. Tapi bahagia versi siapa? Tapi, apakah orang tua sudah cukup mensupport anaknya untuk jadi pribadi yang “berbahagia”?

Yang dilakukan para orang tua itu “memberikan kebahagiaan untuk si anak” atau “mendidik agar anak-anaknya bisa jadi pribadi yang berbahagia”?

Itu adalah 2 perspektif berbeda. Pernyataan pertama menurut saya kayak “menyuapi” si anak. Dengan begitu si anak kan bergantung pada orang tuanya.

Sedangkan pernyataan kedua itu lebih kepada “membimbing” si anak agar bahagia dengan caranya sendiri, tidak bergantung pada orang tuanya.

Ini catatan tersendiri buat saya di masa depan. Gimana caranya saya mendidik anak-anak saya nanti agar bahagia. Bukan cuma membahagiakan anak-anak saya.

Bahagia itu penting. Jadi, jangan lupa bahagia 🙂

Leave a Reply

