The Sea of Blessings

I don’t recall making any agreements about having a regular meeting every beginning of the year with you. But if we did, then I’m sorry, maybe it’s just my bad memory playing on me again.

After all this time that we’ve been through in a year, we’d try to sum it up in just one word.

Kala dirimu kini mengetahui dalamnya Lautan, kamu kembali bertanya, seperti ini kah? Hanya seperti ini kah?

Mungkin sebelum dalam menyelam, kamu selalu berfantasi tentang segala hal yang tak biasa. Namun, kenyataan memang suka bercanda. Dia biarkan kamu tercebur, semakin dalam dan kamu tau bahwa disana tak ada apa-apa.

Iya, hanya itu saja.

Tapi hidup tidak begitu. Lautan tidak sedangkal itu.

Rasa penasaranmu akan membawamu lebih jauh. Toh sudah terlanjur basah, ya kan?

Jalani saja dan terus menyelam.

Lalu aku?

Dengan segala keanehan yang terjadi selama setahun ke belakang, lebih memilih satu kata yang tak kalah aneh.

Aku mendapat banyak pelajaran. Dan bagiku, semua itu adalah anugerah. Aku percaya, tak ada yang kebetulan di dunia ini. Dan mungkin, semua yang sudah terjadi kemarin memang sudah suratan.

Memang aku bisa apa?

Tak aku pungkiri, memang banyak hal buruk terjadi. Tapi, sekali lagi, bagiku itu adalah pelajaran. Untuk aku bisa bangkit lagi hari ini dan seterusnya.

Namun kita sama-sama sepakat, bahwa kita bisa melakukan yang lebih baik dari ini. Betul kan? 🙂

We don’t know what lies beyond. But as long as we keep believing that we can get through it, we will get through it.

Leave a Reply

